Profil BAAK

VISI DAN MISI

BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

 Visi

Memberikan layanan administrasi dan informasi akademik secara efektif dan efisien kepada segenap civitas akademika menuju tercapainya visi Universitas Respati Indonesia.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan meningkatkan pelayanan administrasi yang cepat, akurat dan berkualitas serta berbasis pada Teknologi Informasi.
  2. Meningkatkan manajemen sistem pelayanan administrasi akademik dan kemahasiswaan,
  3. Menunjang pelaporan dan evaluasi program studi semester dan tahunan.

Tujuan

Biro Administrasi Akademik memiliki tujuan sebagai unit sentral untuk layanan Administrasi Akademik dengan membangun, memelihara dan meningkatkan kesadaran dan komitmen pengelola institusi terhadap mutu pendidikan serta memastikan terjadinya kegiatan monitoring dan evaluasi mutu akademik internal secara teratur.

Layanan

layanan Administrasi Akademik di lingkungan Universitas Respati Indonesia meliputi : Panduan Akademik, Kalender Akademik, Layanan Perkuliahan & Ujian,  Ijazah & Transkrip Akademik  dan Layanan Data Elektronik Administrasi Akademik.

  1. Pedoman Akademik ; yang berisi informasi tentang Sistem Pendidikan dan berbagai Ketentuan Akademik.
  2. Kalender Akademik ; yang berisi informasi tentang Jadwal Kegiatan Akademik Univeritas setiap tahun akademik.
  3. Perkuliahan & Ujian ; yang berisi informasi tentang Perkuliahan dan Ujian seperti Tata tertib Perkuliahan, Jadwal Perkuliahan setiap semester dan informasi kegiatan perkuliahan harian, penggantian jadwal perkuliahan atau peniadaan perkuliahan pada waktu tertentu karena sesuatu hal yang bersifat darurat dan sebagainya.
  4. Layanan Data Elektronik ; yang berisi informasi tentang Layanan Data Elektronik Administratif Akademik.
  5. Ijazah &Transkrip Akademik ; pelayanan ijazah & transkrip akademik.

 

1. PENGERTIAN
1.1. Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan adalah unsur pimpinan yang membantu Rektor dibidang administrasi akademik dan kemahasiswaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan sehari-hari di bawah pembinaanya dilakukan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan SDM.
1.2. Bagian Administrasi Akademik & Kemahasiswaan adalah sarana pelayanan teknis administrasi akademik yang berada langsung di bawah Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dan bertugas mengelola keseluruhan proses administrasi dan regestrasi mahasiswa dan menyiapkan data statistik akademik untuk evaluasi diri Universitas Respati Indonesia
1.3. Bagian Nilai & Perkuliahan adalah sarana pelayanan teknis administrasi akademik yang berada langsung di bawah Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dan bertugas mengelola nilai mahasiswa Universitas Respati Indonesia sampai menjadi Transkrip Nilai dan penyusunan jadwal kuliah manual dan dalam program SIA.
1.4. Bagian Ijazah dan alumni adalah sarana pelayanan yang berada langsung di bawah Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan bertugas memproses Ijazah dan menyiapkan data statistik alumni.
2. FUNGSI BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN
2.1. Mengelola secara terpusat dan terpadu sistem administrasi akademik dan kemahasiswaan pada arus universitas di lingkungan Universitas Respati Indonesia
2.2. Menopang penyelenggaraan kegiatan akademik di berbagai unit lingkungan Universitas Respati Indonesia melalui penyediaan informasi akademik
2.3. Mengembangkan sistem administrasi akademik serta perangkat penunjangnya menuju tercapainya visi Universitas Respati Indonesia
2.4. Memelihara dan mengamankan informasi akademik
2.5. Mengembangkan dan menyediakan sistem informasi manajemen kegiatan akademik bagi pengambilan keputusan manajerial
2.6. Menyelenggarakan hubungan dengan Kopertis III dan pihak lain diluar Universitas Respati Indonesia berkenan dengan pengelolaan administrasi akademik dan kemahasiswaan
2.7. Alumni Universitas Respati Indonesia (KAURI) memberikan, menyelenggarakan hubungan dengan pihak yang terkait, yang ada hubungan dengan perekrutan tenaga kerja
3. STRUKTUR ORGANISASI
 struktur baak
4. GAMBARAN TUGAS
4.1. Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
4.1.1. Mengelola kegiatan Unit Biro Administrasi dan Kemahasiswaan agar terwujud fungsi-fungsinya
4.1.2. Mengelola Unit Biro Administrasi dan Kemahasiswaan agar berbagai komponen di dalamnya terpadu sebagai suatu sistem administrasi akademik dan kemahasiswaan
4.1.3. Menjalankan kerjasama dengan berbagai unit di lingkungan Universitas Respati Indonesia sehingga terwujud fungsi-fungsi dari Unit Biro Administrasi dan Bagian Kemahasiswaan
4.1.4. Bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengkoordinasikan dan mengawasi kelancaran pekerjaan Bagian Akademik dan Bagian Kemahasiswaan
4.1.5.
Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan univeristas yang ditempatkan di Unit Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
4.2. Bagian Akademik & Kemahasiswaan
4.2.1. Mengelola kegiatan administrasi dari keseluruhan proses administrasi akademik
4.2.2. Mengembangkan dan menyediakan informasi bagi pengambilan keputusan manajerial terhadap berbagai hal yang menyangkut administrasi akademik
4.2.3. Mengembangkan sub-sistem administrasi akademik dan perangkat penunjang dalam rangka mengembangkan sistem administrasi akademik sejalan dengan tuntutan perkembangan universitas
4.2.4. Bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengkoordinasikan dan mengawasi kelancaran pekerjaan pelaksanaan sub-bagian registrasi.
4.2.5. Memelihara dan mengamankan file data dan informasi yang menyangkut akademik
4.2.6. Menjalin kerjasama dengan komponen lain dilingkungan Unit Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan maupun Universitas Respati Indonesia bagi terwujudnya efektifitas berbagai kegiatan akademik
4.2.7. Menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja bagian akademik dan mempertanggungjawabkan perwujudannya kepada Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
4.2.8. Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan universitas yang ditempatkan di Bagian Akademik
4.2.9. Membantu kegiatan dibidang akreditasi
4.2.10. Bertanggungjawab atas kelancaran administrasi registrasi dan administrasi mahasisiwa
4.2.11. Memproses formulir registrasi mahasiswa menjadi :
 · Laporan jumlah mahasiswa yang registrasi (NPM)· Rekapitulasi semesteran mahasiswa· Menertibkan Kartu Mahasiswa (KTM)
4.2.12. Menyerahkan Kartu Rencana Studi (KRS), kartu mahasiswa (KTM) dan membagikan kalender akademik kepada mahasiswa
4.2.13. Menyelenggarakan proses administrasi antara lain :
4.2.14. Daftar kembali Mahasiswa Baru, mengecek syarat dan pemberian Nomor Induk Mahasiswa.
4.2.15. Laporan jumlah mahasiswa baru yang registrasi
4.2.17. Administrasi mahasiswa pindahan
4.2.18. Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan universitas yang ditempatkan di Pelaksana sub-bagian Registrasi
4.2.19. Tugas lainnya yang berhubungan dengan registrasi
4.4. Bagian Nilai & Perkuliahan
4.4.1. Bertanggungjawab atas kelancaran administrasi nilai, transkrip dan Memantau prosesing nilai
4.4.2.  Memproses nilai mahasiswa, meliputi :- Menerima daftar nilai dari fakultas·- Melalui Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, mengingatkan fakultas terhadap mata kuliah yang terlambat atau lalai mengirimkan daftar nilai.- Mengolah Kartu Hasil Studi Mahasiswa- Menyimpan arsip nilai sebaik-baiknya
4.4.3. Menjamin keamanan dan kerahasiaan nilai
4.4.4. Bertanggungjawab atas kelancaran administrasi perkuliahan
4.4.5. Mengumpulkan jadwal mata kuliah pada fakultas kemudian membuat :
· Rekapitulasi keseluruhan jadwal·· Daftar penggunaan ruang kuliah·· Rekap kehadiran tiap dosen per bulan.
4.4.6. Memproses Kartu Rencana Studi (KRS) menjadi :
 · Daftar peserta mata kuliah·· Rekapitulasi jumlah peserta tiap mata kuliah·· Memproses jumlah peserta tiap mata kuliah·· Daftar hadir dan daftar nilai mata kuliah
4.4.7. Menampung perubahan-perubahan jadwal mata kuliah dan pengambilan mata kuliah selanjutnya
4.4.8. Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan universitas yang ditempatkan di Pelaksana Sub-Bagian Perkuliahan
4.4.9. Tugas lainnya yang berhubungan dengan perkuliahan
4.5. Bagian Ijazah & Alumni
4.5.1. dan ijazah
4.5.2. Menyiapkan, menyimpan blanko-blanko surat keterangan, transkrip dan ijazah
4.5.3. Menyimpan salinan transkrip dan ijazah
4.5.4. Membuat buku induk ijazah
4.5.5. Pengesahan transkrip
4.5.6. Menyediakan bahan informasi laporan wisuda sarjana
4.5.7. Memelihara dan mengamankan perlengkapan-perlengkapan Universitas yang ditempatkan di Pelaksana Sub-Bagian Nilai dan Ijazah utamanya (di luar Universitas Respati Indonesia)
4.5.8. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data Alumni
4.5.9. Menginformasikan peluang kerja bagi alumni
4.7. Staff Teknis
4.7.1. Staff Teknis
Bertugas membantu semua tugas pokok dan pekerjaan dalam ruang lingkup BAAK dan mempertanggungjawabkan semua tugas dan pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya tersebut kepada Ka.BAAK
4.7.2. Staff Kebersihan
Bertugas menyelenggarakan kebersihan dan kerapihan ruang kerja, halaman dalam llingkungan BAAK. Memelihara peralatan lainnya agar selalu nyaman dipergunakan